Selasa, 13 Agustus 2013

10 HAL UNTUK MENJADI PENULIS PRODUKTIF

Oleh: Wuri Nugraeni


Alhamdulillah, H-2 lebaran lalu, IIDN Semarang berhasil kopdar bareng artis yang pulang kampung dari Depok yaitu Fita Chakra. Salah satu member IIDN Semarang yang terbilang produktif. Selain penulis, Mbak Fita (sapaan akrabnya) juga sebagai ibu tiga putri, trainer penulisan plus editor di Moms Guide Indonesia. Tulisannya tersebar di majalah hingga buku yang nangkring di toko buku.  Nah, Mbak Fita mau berbagi tips nih untuk menjadi penulis produktif. Dengan peserta enam orang (maklum, mefet hari raya soalnya), sharing pun berlangsung seru. Berikut secuil tips dari Mbak Fita:


1. Pahami passion diri sendiri
Untuk memahami passion diri sendiri, ada 3 hal yang wajib Anda jawab, yaitu (1)Apa minat terbesar Anda? (2)Apakah Anda enjoy menjalaninya? (3)Apakah Anda ingin belajar lebih banyak?
Bila jawabannya ya, berarti Anda sudah menemukan passion diri sendiri.

2. Fokus dan konsisten
Setelah Anda tahu passion, maka langkah selanjutnya adalah fokus dan konsisten menjalankan.
Untuk menjadi penulis misalnya, Anda dapat menjadi penulis:
(1)Generalis => kelebihannya banyak genre yang dapat Anda tulis, tapi kelemahannya kurang fokus pada genre tertentu.

(2)Spesialis => kelebihannya mendalami genre tertentu, tapi tidak dapat menerima sembarang tawaran menulis. Contohnya, Mbak Fita yang lebih fokus pada penulisan untuk pembaca anak-anak.

Nah, Anda ingin menjadi penulis generalis atau penulis spesialis? Apapun keputusannya, tetap fokus dan konsisten menulis ya.

3. Target kerja
Bagi yang memutuskan menulis sebagai profesi, baiknya menyusun target kerja. Contoh: berapa buku yang hendak Anda tulis pada tahun ini? berapa naskah yang akan Anda kirim untuk majalah pada tahun ini? dll.
Umumnya, akhir tahun sebagai momen evaluasi diri sekaligus rencana buku/naskah.
Ada baiknya menulis resolusi di blog, selain banyak doa agar terwujud dari kawan-kawan blogger, juga sebagai pecut diri sendiri.

4. Ingat mimpi terbesar
Setiap penulis punya tujuan dalam menulis, entah itu duit, biar dapat hadiah, atau karena kehadiran pembaca setia. Ketika lesu menulis, ingat mimpi terbesar Anda, sebagai semangat diri sendiri untuk terus berkreasi.

5. Punya personal branding
Brand apa yang hendak Anda bangun?
Contoh: Dewi 'Dedew' Rieka dengan brand penulis gokil dan anak.
Caranya: gunakan akun sosial media, join komunitas, browsing tentang brand.

6. Update ilmu
Jangan pernah puas hasil karya sendiri. Tetap mencari pengetahuan seputar menulis. Dapat mengikuti workshop, sharing dengan teman-teman penulis, membaca review mengenai buku Anda untuk mengenali dari kacamata pembaca, dll.

7. Membangun networking
Sangat dianjurkan untuk menjaga hubungan baik dengan editor penerbit atau majalah. Apabila sudah menerbitkan buku dari penerbit A, dengan hubungan baik, maka mempermudah Anda apabila memiliki naskah lain untuk diterbitkan di penerbit A.

8. Bank ide
Ide sangat berserakan di sekitar. Kita wajib jeli mengamatinya. Dapat pula Anda jalan-jalan ke toko buku, melihat jajaran buku. Atau melihat buku, kemasan, dan isi karya orang lain. Semuanya untuk memahami selera pasar dan karakter penerbit.

9. Promosi
Buku sudah terbit maka pekerjaan penulis berikutnya adalah melakukan promosi. Caranya: posting kata kunci dari buku Anda, posting sinopsis di blog, membuat posting tentang tips menulis tapi ada selipan buku Anda, mengadakan kuis, mengirimkan buku ke resensor.

10. Jangan menyerah ya!

Semoga bermanfaat tips dari Mbak Fita. Jangan lupa dipraktekkan ya... *pecut diri sendiri juga. Makasih buta Mbak Fita atas sharingnya, moga kian produktif lagiii. See u next kopdar :-)


7 komentar:

  1. Makasih mba fita..mba wuri...
    Ehh tp kok fotoku kok gitu yaa hehe

    *hapsari

    BalasHapus
  2. Wah, semoga di lain kesempatan bisa ikut gabung. :)
    -Ratri-

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah, sharingnya mantaap..makasih fitaaa, makasih teman2, maap ngga bisa dateeng ><"

    BalasHapus
  4. thanks sharingnya ya Fit, sangat mencerahkan :)

    BalasHapus
  5. Info yang ringan tapi menggugah :)
    Terimakasih :)

    BalasHapus
  6. mantapp.. jadi semangat menulis, euy, meski ga ikut acaranya... :D

    BalasHapus