Kamis, 14 November 2013

9 Cara Mengajak Anak Mencintai Buku

Dear Ayah & Bunda,

Mengenalkan buku sejak dini di usia balita sangatlah penting. Selain untuk menanamkan kebiasaan baik, juga untuk menimbulkan kecintaan si kecil untuk belajar dan mencintai ilmu. Sering saya mendengar ibunda mengeluh seperti ini "Uh, susah sekali si Nana disuruh baca, maunya nonton televisi!"
Benarkah?

Jangan-jangan, ini salah kita sendiri yang tidak membangun kecintaan pada buku pada anak sejak dini?
Berikut ini tips agar buah hati suka buku:

  1. Berikan buku sesuai usianya. Untuk bayi dan balita, berikan board book atau soft book (dari kain) sehingga tidak bisa disobek dan lebih awet. Tekstur buku bisa menjadi latihan meningkatkan kemampuan motorik anak. Berikan buku dengan warna yang cerha dan tulisan yang menarik sehingga merangsang penglihatan buah hati.
  2. Akrabkan dengan buku. Jadikan buku harta kita. Buat perpustakaan mini dengan suasana yang menyenangkan. Buah hati bebas memilih buku yang ingin dibacanya dari rak yang mudah dijangkau. Siapkan karpet dan bantal yang nyaman.
  3. Jadikan buku kado ulangtahun atau hari raya. Biarkan buah hati memilih sendiri buku di toko buku sebagai hadiah.
  4. Ajak buah hati ke perpustakaan atau toko buku.
  5. Bacakan cerita yang menarik dari buku kesukaannya. Biarkan anak memilih buku yang akan dibacakan. Mendongenglah dengan ekspresif.
  6. Bermain peran juga sangat menyenangkan dengan tokoh dari buku yang dibacanya. Bisa pula dengan main boneka tangan seperti boneka Kumi di Halo Balita. Ketika usia 3 tahunan, ia akan bisa 'membacakan' buku pada kita dengan bahasanya sendiri.
  7. Ajak menggambar dan menuliskan bukunya sendiri. Biasanya usia 4 tahunan, ia suka menggambar dan mulai bisa menulis. Bunda bisa menjilid buku karya si kecil. Akan menjadi koleksi berharga.
  8. Kurangi waktu anak nongkrong dan menonton televisi, lebih baik diarahkan membaca buku dan bermain
  9. Introspeksi juga diri kita, apakah kita sudah mencontohkan kebiasaan baik pada anak? Apakah kita juga suka membaca? Atau lebih suka nonton televisi dan ngobrol ngalor-ngidul? Ingat, anak meniru perilaku orangtuanya, hehe..


Yuk, budayakan membaca buku!

Salam sayang,

Dewi Rieka
Korwil IIDN Semarang

Kunjungan TK Kucica ke Perpustakaan

Bikin buku sendiri yuuk
Kakak Thifa unyuuu

Dek Yayang Asyik baca bukuu


Photo Courtesy of TK Kucica-Ungaran & Yoke-Sleman

3 komentar: