Kamis, 16 Januari 2014

Sharing Bersama Fitria Chakrawati

Oleh: Hapsari Adinungrum

[Kopdar tanggal 22 Desember 2013 di Rumah mbak Rahmi Aziza- Perum Sendang Mulyo].

Untuk kopdar hari ini mbak Fita tidak menyiapkan materi khusus, maka diisi dengan sharing tanya jawab.

Pertanyaan 1

Fenny : Apakah pernah kerjasama dengan agensi naskah, khususnya ke Indscript?

Fita : tahun 2009, mengirimkan naskah ke agensi dan diterima. Naskah tentang Entrepeneur Muslim. Dari 12 naskah yang masuk, diterima dan diterbitkan 5 naskah. Sedangkan sisanya ( 7 naskah) di buat cerpen anak, dengan bahan yang sudah ada di buat cerita yang lebih panjang. Jika melalui agensi setelah tiga bulan tidak ada kabar, bisa dilepas dan ditawarkan ke penerbit lain. Pengalaman mbak Fenny, pernah memasukkan naskah (sudah berupa buku) di awal tahun 2013, naskah di terima dan ada penerbit yang tertarik dan diminta untuk  revisi. Setelah revisi tidak ada kabar lebih lanjut. Tips dari mbak Fita ; Cari penerbit yang sudah punya nama/ penerbit besar untuk keamanan naskah kita. Mbak Fita biasa memasukkan naskah ke ; Grup gramedia, tiga serangkai dan mizan.


Pertanyaan 2

Ninik ; Cara memperpanjang cerita/ naskah . Jika diminta menulis, “mentok” satu halaman, padahal jika cerita bisa sehari semalam. Mbak Ninik ingin menulis tentang perjalanannya ke Lombok.
Fita : Ada orang kalau mendongeng tidak bisa, kalau menulis bisa. Maka sering-sering latihan menulis. Atau bisa jadi terbalik bisa mendongeng/bercerita tapi tidak bisa menulis. Bisa di buat mind map ( dibelah menjadi bab atau sub bab). Membuat cerpen 7-8 halaman di buat mind map. Ini akan membantu lebih lancar saat menulisnya.

Contoh:

1. Mind map Naskah kesehatan
Tubuh secara garis besar: Perawatan ( tips rawat gigi, tips rawat mata dll), Vitamin, Dll
2. Membuat artikel perjalanan : apa yang kita dengar, apa yang kita lihat dan apa yang kita rasakan. Menulis naskah perjalanan perlu melibatkan panca indra. Aa yang kita lihat,  lokasi (berapa km dari bandara, dari ibu kota dll), transportasi, makanan
Tulis juga tips perjalanan seperti hati-hati membawa perhiasan atau bisa yang lebih khusus seperti perjalanan ke pantai ingin menyewa kapal bisa dikasih tips budget atau sewa kapal yang bisa ditawar.

Pertanyaan 3
Lestari : pernah ikut kelas cerpen anak dan diminta mengumpulkan 30 cerita, tapi agak kesulitan membuat cerita anak
Fita : Mbak Fita suka nulis cerita anak, pada saat keisya lahir suka membacakan cerita anak atau mendongeng sendiri. Lalu punya cita-cita ingin punya cerita anak sendiri yang ada naman mbak Fita ; Lihat dari sudut pandang anak. Membuat tokoh anak dan memecahkan masalah dengan cara anak. Kalau bisa menyingkirkan tokoh dewasa atau jika ada tokoh dewasa, tidak dominan.
Sharing bersama Mbak Fita berjalan selama satu jam, karena ada acara keluarga. Acara kopdar dilanjut dengan haha hihi bersama. Yang nggak  kopdar blogger Nusantara di Jogjakarta menyimak cerita mbak Uniek, Mbak Lestari, Mbak Ninik dan Syifa. Ternyata seru dan banyak kejadian lucu yang di alami emak dan embak IIDN di blogger Nusantara. Haha hihi, ngemil, foto-foto selama dua jam nggak terasa jika bersama IIDN. Makasih emak dan embak semua...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar