Sabtu, 15 Maret 2014

[PROFIL] Mechta Deera

Meskipun lahir di Kota Salatiga, tapi Kota Semarang adalah kota tempatku tumbuh sebagai remaja (SD – SMA) dan selalu membawa kenangan tersendiri bagiku sebagaimana Kota Bogor yang menjadi tempat tinggal di masa kuliah, dan akhirnya sejak memasuki dunia kerja hingga saat ini aku berdomisili di Kota Pekalongan.

Hobi membaca sejak kecil akhirnya menumbuhkan minat untuk menjadi penulis.  Dimulai dari menulis puisi, lalu mencoba menulis cerita-cerita pendek dan akhir-akhir ini mulai mengenal Flash Fiction –cerita mini / maksimal 500 kata- itu.


Awalnya rajin mengirim tulisan ke media, namun hanya beberapa saja yang dimuat –itupun di majalah sekolah saat SMA, haha…- akhirnya sekarang menyalurkan hobby menulis di kedua rumah maya : Lalang Ungu ( http://mechtadeera.wordpress.com ) dan Beranda Mechta (http://mechta.blogdetik.com)
Mechta Deera adalah nama pena yang kupilih saat remaja dan masih kupakai hingga kini ketika masa remaja sudah sangat lama berlalu, hehe… Kalau tak salah, Mechta artinya MIMPI (bhs Rusia) sebuah hal yang kusukai, bukankah ada yang bilang bahwa berani bermimpi adalah langkah awal menuju sukses… Sedangkan Deera adalah gabungan inisial nama panjangku D – R –A. Maka jadilah Mechta Deera sebagai nama penaku.

Bicara tentang mimpi, salah satu mimpiku adalah menjadi penulis dan menerbitkan buku hasil karyaku sendiri. Tadinya aku sangat ragu akan terwujudnya mimpi itu, namun Alhamdulillah banyak teman yang menyemangatiku, hingga akhirnya di awal tahun 2014 ini mimpi itu perlahan mewujud nyata.

Notes from Mecca adalah buku solo pertamaku yang terbit di Februari 2014 ini, menyusul 2 buku antologi dimana aku berkontribusi di dalamya yaitu : Blogger Punya Mimpi (Kumpulan Cerpen – Januari 2014) dan Harmoni (Kumpulan Puisi – Januari 2014).  Satu buku antologi lain tentang Cinta yang monumental, sedang dalam proses penerbitan. Mohon doa semoga buku-buku lain akan segera menyusul ya… 

Demikian perkenalan dariku, dan ini data diriku :

Nama : Mechta Deera
Blog : Lalang Ungu dan Beranda Mechta
Email : auntiemechta@gmail.com

3 komentar:

  1. salam kenal, mba Mechta :D sering denger namanya tapi belum pernah sapa-sapaan

    BalasHapus
  2. Salam kenal untuk Ila, Mbak Susan dan teman-teman IIDN Semarang lainnya... :)

    BalasHapus