Jumat, 16 Januari 2015

Keajaiban Jamur Tiram



Oleh Eviyati Yuli Rianti

Jamur tiram (Pleurotus ostreatus) adalah jamur pangan dari kelompok Basidiomycota dan termasuk kelas Homobasidiomycetes dengan ciri-ciri umum tubuh buah berwarna putih hingga krem dan tudungnya berbentuk setengah lingkaran mirip cangkang tiram dengan bagian tengah agak cekung.[1] Jamur tiram masih satu kerabat dengan Pleurotus eryngii dan sering dikenal dengan sebutan King Oyster Mushroom.
 
Jamur tiram adalah termasuk tumbuhan pertanian organik dan tidak mengandung kolesterol.
Setiap per seratus gram (100gr)  jamur tiram memiliki 19 sampai 35% protein dengan 9 macam asam amino didalam kandungannya.


Kandungan lemak 1,7 sampai 2,2% yaitu terdiri dari 72% diantaranya adalah asam lemak tak jenuh selain vitamin D dan C mineralnya terdiri dari K, P, Na, Ca, Mg, juga Zn, Fe, Mn, Co dan Pb.

Jamur tiram juga mengandung karbohidrat riboflanvin serta niasin yang merupakan vitamin B hal ini yang paling utama dalam kandungan jamur tiram 

Selain itu jamur tiram juga mengandung Mikroelemen yang bersifat logam  rendah maka menjadikan jamur tiram sangat aman untuk dikonsumsi setiap waktu, manfaat  jamur tiram jika kita mengkonsumsi selama 3 minggu saja  dapat menurunkan kolesterol hingga 40%.
 
Resep Jamur Tiram Asam Manis:

Bahan:
1. Jamur tiram
2. Tepung terigu
3. Garam
4. Tomat
5. Bawang merah, 
6. Bawang putih, 
7. Ketumbar
8. Laos, 
9. Sere
10. Gula jawa
11. Tepung kanji

1. Jamur tiram cuci bersih suir-suir
2.  Buat adonan tepung terigu tambahkan garam cairkan
3. Masukkan jamur tiram yang sudah disuir-suir masukkan kedalam adonan tepung terigu yang dicairkan
4. Goreng kecil-kecil tiriskan

Saos Asam Manis
1. Haluskan tomat 250 gram, bawang merah, bawang putih, ketumbar, laos, sere,gula jawa , garam haluskan menggunakan blender
2. Siapkan tepung tapioca/kanji 2 sdm cairkan untuk pengental saos
3. Tumis seluruh bahan sampai mengental
4. Sajikan dengan menyiram ke jamur yang sudah digoreng tepung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar