Senin, 28 Januari 2013

Bakti Sosial: Pelatihan menulis bagi anak-anak

Oleh: Fenny Ferawati

Salah satu cara mensyukuri nikmat dari-NYA adalah dengan berbagi pada sesama, terutama yang sedang kekurangan melalui kegiatan bakti sosial (baksos). Bertepatan dengan moment Ramadhan tahun lalu, komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN) Semarang mengadakan baksos.




Tepat tanggal 05 Agustus 2012, anggota IIDN Semarang yang dapat hadir berkumpul terlebih dahulu di rumah mbak Fenty. Sejumlah uang yang terkumpul cukup fantastis banyaknya mengingat hanya beberapa hari saja pengumpulannya. Beberapa kardus pakaian dan sembako juga telah tertumpuk rapi. Selain itu, mb Fenty dan kawan-kawan juga menyiapkan hadiah untuk adik-adik di Panti Nurul Huda.

Panti Nurul Huda menjadi tujuan pertama. Kegiatan baksos ini diawali sambutan mbak  Dewi Rieka  lalu dilanjutkan pelatihan singkat Jarimatika oleh mbak Vivin yang datang jauh-jauh dari Pekalongan. Selain itu, ada juga kegiatan Menulis dan Mewarnai yang dipandu Mbak Wati, Taro, Aan, Ikha dan Mbak Dian Nafi. Ada pembagian doorprize dan hadiah juga untuk adik-adik yang terpilih hasil menulis dan mewarnai. Mbak Dian Nafi dan mbak Vivin juga menyumbangkan beberapa bukunya untuk perpustakaan. Diakhir acara, dana dan seluruh bantuan diserahkan pada pimpinan Panti Nurul Huda.

Tujuan selanjutnya adalah dua panti lainnya. Perjalanan menuju panti Al Firdaus seperti perjalanan religi karena melewati kuburan Cina terlebih dahulu. Berbeda dengan panti sebelumnya, kegiatan di dua panti lainnya hanya menyerahkan dana bantuan dan silaturahmi. Jika Panti Nurul Huda masih banyak anak-anak, di Panti Al Firdaus lebih banyak remaja. Sedangkan panti lainnya merupakan panti yang menerima anak-anak berkebutuhan khusus.

Akhirnya, seluruh kegiatan baksos dapat berlangsung lancar meskipun sempat berputar-putar mencari lokasi Panti Al Firdaus dan harus berdesak-desakan di mobil mbak Fenty. Semoga kegiatan baksos ini bisa bermanfaat dan menjadi agenda rutin IIDN Semarang.


Survey lokasi baksos dilakukan oleh mbak Aan Diha, mbak Fenty Arifianti, Mas Ruli dan mbak Echa Kare. Berdasarkan hasil survey didapat 3 panti asuhan yaitu Panti Nurul Huda di Meteseh Tembalang, Panti Al Firdaus dan salah satunya lupa nama panti asuhannya *tutup muka pakai bantal. Anggota IIDN Semarang yang lain membantu mengumpulkan dana serta berbagai barang seperti pakaian, sembako dan lain-lain.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar