Kamis, 31 Januari 2013

Jumpa Antar Komunitas dalam KOBER (Kopdar Bermutu), undangan dari Loenpia.net

sumber : blog Uniek


Malem Minggu, 27 Januari 2013

Setelah dapet email dari mak Dedew sehari sebelumnya, hari Sabtu tanggal sesuai tersebut di atas aku siap-siap berangkat ke El-Blossom Café & Book di Jalan Pandanaran, tepatnya di ‘pengkolan’ Pandanaran-Randusari, sebelah Eka Karya Tailor yang tersohor :). Ada acara apa sih tepatnya? Kasi tau gag eeaaa? **sok alay begete hehee.....

Rupa-rupanya IIDN dapet undangan nih dari Loenpia.net untuk mengikuti Kopdar di café tersebut. Jatahnya cuma untuk dua orang. Maka diutuslah aku dan Wuri untuk menghadirinya. Kebetulan yang diminta adalah aku, yang deket kota dan pas bisa hadir. Adapun Wuri yang sudah familier dengan Loenpia.net tentu saja sudah otomatis jadi duta IIDN. Sek aseeekk… pengalaman pertama nih ikutan kopdar bareng berbagai komunitas di Semarang.


source : Loenpia.net
Setelah sebelumnya musti rempong nyelesaiin urusan rumah dan ngedandanin bidadari cantikku Vivi similikiti :) yang mau ikutan emaknya hengot, maka meluncur lah aku ke El-Blossom. Sampai di sana kami disambut ramah oleh mb Indah, anggota Loenpia.net. Tengok sana tengok sini, waduh kok belum ada yang kenal ya. Wuri kok belum datang ya?huhuuuu… Kebetulan tempat duduk depan dan tengah sudah penuh terisi. Aku pun membawa Vivi untuk duduk di deretan kursi yang agak menyamping, sambil sesekali senyam senyum sok kenal kepada peserta lainnya.

Acara pun dimulai dengan pembukaan oleh host yang tadinya kukira si Panji Pragiwaksono, itu tuh pembawa acara Stand Up Comedy. Ternyata nama asli si ‘Panji’ itu adalah mas Danindra, anggota lama di Loenpia.net

Oya, tentunya sudah pada tau kan Loenpia.net itu apa. Justru aku kayaknya yang belum tau apa itu Loenpia.net saat menghadiri acara ini. Dasar emak dong dong. Maklum, basicku bukan blogger sih, jadi ya gitu deh, kebwangeten sampe gak tau kalau Loenpia.net itu adalah komunitas blogger yang sudah cukup tersohor di Semarang. Maapin ya sodara-sodara :D

Rupanya program Kober alias Kopdar Bermutu yang diberi tajuk Jagongan Komunitas Semarang ini diharapkan dapat memperluas tali silaturahim antar komunitas di Semarang, baik yang online maupun offline. Rencananya Kober ini akan digelar rutin tiap bulan. Adapun Jepara akan menjadi tempat Kober berikutnya. 

Komunitas-komunitas ini memiliki keunikan dan segmen tersendiri, namun tidak bisa dipungkiri bahwa jalinan komunikasi tentu saja akan sangat berguna bagi tiap komunitas untuk membaur bersama dalam mengibarkan benderanya. Misalnya salah satu akan mengadakan acara, tinggal colek aja teman-teman di komunitas lain untuk ikutan meramaikan, atau untuk sekedar woro-woro.

Cukup banyak juga yang hadir saat itu. Total ada 25 orang yang hadir (termasuk penyelenggara).  Kehadiran komunitas unik IIDN ternyata cukup membuat kagum mas-e host hihiiiii.... Beberapa kali disebut sambil memandang terkagum-kagum pada kami berdua (aku dan Wuri). Rupa-rupanya untuk sebagian orang masih cukup aneh ada ibu-ibu yang doyan nulis. Biasanya kan ibu-ibu tuh identik dengan arisan, ngerumpi, belanja, masak dan ngurus rumah. Eeehh……baru tau ya mereka ada kumpulan ibu-ibu produktif begini hihihiii..

Tapi nggak cuma IIDN loh yang unik. Pas registrasi aku juga sempet bengong melihat ada dua anak muda berbaju merah yang memanggul tabung segede gaban. Nah loh, mo ngapain tu duo brondong, mau jualan balon apa ya?koq tabungnya kayak tabung kompresor balon hihii.. Rupa-rupanya mereka utusan unit kegiatan selam dari Undip (UKSA 387 Undip). Sempet kutanya “Boleh nggak ibu-ibu ikut latihan nyelam?” Kirain mau dapet jawaban yang lemah lembut sopan, eh malah kegokilan dijawab “Lho, kemarin ada nenek-nenek umur 70 tahun lho bu yang daftar, mana tinggi badannya cuma segini,” jawab mas gondrong itu sambil menunjuk ke batas dadanya sebagai penegasan atas tinggi badan nenek tadi. Wuasyem tenan, malah dihina, dibanding-bandingin ama nenek-nenek. Nggak jadi ah ikutan selam, malesiiii wkwkwkkkk.....

Masing-masing dari peserta diminta untuk mengenalkan komunitasnya. Tentu saja ini jatah Wuri untuk memperkenalkan IIDN, akyu kan masih anak baru, eh ibu anggota baru, belum begitu ngerti mau ngomong apa *pemaluuuu 

jeung cantik Wuri in action :)
Berturut-turut diminta memperkenalkan diri adalah Komselis (Komunitas Sepeda Lipat Semarang, IIDN, UKSA 387, Internet Club Unisbank, STOC, Disco, BCOS, Playon, Kronik Film Media, ICA (Indonesian Card Artist), Dotsemarang dan Gajah Mada FM. Pada setiap perkenalan dijelaskan kegiatan masing-masing dan cara bergabung di komunitas itu. Kayaknya yang syarat keanggotaannya paling mutlak adalah IIDN : perempuan asli heheee.. Keren ya. Gak perlu aneh-aneh syaratnya. Perempuan asli yang berminat dalam bidang tulis menulis.

BCOS' performance
Ada beberapa komunitas yang mengundang tepuk tangan membahana saat acara perkenalan itu. Salah satunya adalah BCOS (Beatbox Community of Semarang). Komunitas ini bergerak dalam bidang 'musik mulut', semacam acapella tapi berbeda aliran. Kalau acapella masih mengandung unsur ucapan / diksi, tetapi untuk beatbox lebih pada suara saja (maaf kalau kurang 'memudengkan', aku yo puyeng je mendengar penjelasan mereka). Oleh host diminta untuk perform, woowww keren banget. Hanya seorang yang 'muni-muni' namun sudah serupa serangkaian bebunyian aktivitas DJ bermain musik.

Kemudian ada lagi ICA (Indonesian Card Artist) Semarang yang juga didapuk untuk memperagakan kepiawaian mereka dalam memainkan kartu-kartunya.
seakan-akan membentuk saxophone
Tentunya dalam acara kopdar enggak seru ya kalau gak pake doorprize. Di acara Kober ini pun ada beberapa doorprize yang cara pemberiannya cukup unik. Yang pertama adalah pulsa 50 ribu rupiah yang diberikan kepada siapa saja yang bisa menunjukkan jumlah pulsa paling sedikit di hapenya saat itu. Amazingly, ada juga loh yang ternyata bisa hidup dengan pulsa Rp. 27 saja saat itu, ckckckk.... melas temen to reeekkk :)

Yang kedua melalui lontaran pertanyaan, siapa yang bisa menyebutkan paling banyak nama-nama komunitas yang tadi sudah memperkenalkan diri. Berhubung cerdas, weitsss disamplak, eh mendengarkan dengan kusyu', doorprize setebal ganjel pintu, novel Tamu Rumah Biru karya K. Usman (penulis senior asal Muara Enim Palembang)akhirnya sah menjadi milikkyuuuu horeee horeeee..... 
uhuyyy....dapet novel aku maaaakkkk :D
Ada beberapa doorprize lagi, di antaranya untuk yang memiliki KTP terjauh dan untuk peserta yang hadir pertama kali di lokasi. Wuih asyik lah pokoknya. 

So, what benefit we can get from this kind of Kopdar? Yang pertama tentu saja membuat IIDN makin eksis di Semarang. Para peserta begitu intens saat perkenalan disampaikan Wuri, beberapa kegiatan bermutu yang pernah dilakukan oleh IIDN, seperti workshop terakhir IIDN tentang Travel Writer yang mengundang kang Gol A Gong dan Februari nanti bedah buku 101 Bisnis Online karya bersama beberapa penulis (dua di antaranya adalah mak Dian Nafi dan Wuri Nugraeni). 

Kopdar bareng seperti ini juga makin membuka kesempatan bekerja sama dengan komunitas yang lain. Menjelang akhir acara, kami dihampiri oleh rekan dari Gajah Mada FM dan Internet Club Unisbank. Keduanya membicarakan kemungkinan bekerja sama dengan IIDN. Gajah Mada FM memberikan informasi bahwa mereka bisa menjadi mitra kegiatan IIDN. Bisa dalam bentuk bincang-bincang penulis (mereka memang punya segmen acara ini) ataupun mitra kegiatan pada saat pelaksanaan suatu event.

Itulah sekedar oleh-oleh cerita yang bisa daku sampaikan. Maaf bila masih banyak kekurangan, mohon maklum, ini penulis pemula level dewa xxixiiii.... Teman-teman IIDN ataupun pembaca tulisanku ini bisa memperoleh detail dari masing-masing komunitas yang hadir melalui berbagai link yang kusertakan di bawah ini. Selamat berkomunitas :)


 
Loenpia.net di http://loenpia.net/blog/






Internet Club Unisbank di http://blog.internetclub.or.id/


Visit Semarang (yg ini bingung linknya, kurang tau mana yang hadir karena ada 2 nama visitsem yaitu http://www.visitsemarang.com/ dan http://visitsemarang.net/




Semarang Toys Community di http://stocsmg.multiply.com/




Roti Fresh (Return of Tukar Ilmu Freedom of Sharing) di http://www.facebook.com/rotifresh , ada juga http://www.rotifresh.net/ tapi susah sekali dibuka nih (apa browserku yg lagi error ya? J )


UKSA 387 Undip, unit kegiatan selam http://www.facebook.com/Uksa387Undip dan http://uksa387.undip.ac.id/


Info Tembalang di http://infotembalang.net/


MSCS Semarang (maaf kurang tau singkatannya, klo ada yg mau nambahin silahken)






BCOS (Beatbox Community of Semarang)  http://beatboxsemarang.blogspot.com/


Disco (Diponegoro Scooter) di https://twitter.com/discosmg




Radio Gajah Mada FM
Kofindo (Komunitas Film Indonesia) http://kofindo.blogdetik.com/

11 komentar:

  1. wah postinganya komplit sekali bu, makasih yaa udah ikut meramaikan

    BalasHapus
  2. ehmm..
    Si mbakk... Pandji disiniiii

    BalasHapus
  3. wah......seruu juga acarannya, mbak :) :)
    aku kira loenpia.net itu jenis link makanan gitu ;)

    *eh, ada yang manggil ibu-ibu, tuh, mbak

    BalasHapus
  4. waaaa....rameee, moga kita bisa kerjasama dengan Internet club dan gajah mada fm yaa. aku suka gaya penulisan artikelnya mak unik, kocak..cocok jadi penulis komedi maak, awas kalo ndak ikutan AKD KOnco, kalo ndak adda pengalaman sendiri, comot aja pengalaman sapa kek kekekek...lanjutkaan :)

    BalasHapus
  5. ahahahaa...ternyata ada yg mbaca ya tulisan ra karu2an ini. maaf sebelumnya utk mas Danindra ya klo namanya saya catut dan dijadikan bahan perbincangan hehehee...biar ngeramein tulisanku mas. terima kasih udh dipinjamin namanya :)
    salam kenal juga utk forever coordinator, mas jeepban, moga2 laen kali klo loenpia.net ada acara lagi nih emak2 IIDN monggo dijawil.

    BalasHapus
  6. Mak Dew : aku ditraining to biar bisa jadi kayak itu tuuuhh...penulis ngetop anak kos dodol :D

    Mba An Maharani Bluepen : iya, emang seru acaranya. nggak apa2 dipanggil ibu-ibu, udah biasa dipanggil mbokdhe koq ama ponakan2ku hehehhee....

    BalasHapus
  7. @loenpia: Ada juga komunitas penulis di Semarang, namanya Lini Kreatif Writing asuhan Budi Maryono Novelis :)

    BalasHapus
  8. #Dukung Mak Uniek jadi penulis gokil

    BalasHapus
  9. Hayo mbak Uniek ikut AKD bareng Konco....hihi, aku dewe belum kirim ;D

    BalasHapus