Rabu, 17 April 2013

OBAT AMPUH GATAL PADA JEMARI KAKI




Oleh: Moocen Susan

Kalau diingat kembali memang sejak kecil saya kurang suka makan sayuran. Saya lebih suka makan ayam atau daging. Waktu umur 10 tahun, saya pernah merasakan gatal-gatal pada jemari kaki. Perlahan-lahan rasa gatal itu berubah menjadi luka dan berbau busuk. Berbagai macam obat dokter sudah saya coba ada yang berbentuk salep ada pula yang berupa kapsul. Namun tetap saja tidak ada perubahan. Setiap malam terasa sekali gatalnya. Setiap pulang sekolah dan melepas sepatu kaki saya berbau busuk dan lecet. Pernah saya coba rendam dengan larutan air hangat dan obat PK juga masih belum sembuh. Saya hampir putus asa.


Suatu hari ayah diberitahu temannya sebuah obat untuk mengatasi gatal-gatal yaitu rebung yang masih muda. Letaknya di dalam tanah di sekitar tanaman bambu. Untuk mendapatkan rebung muda ini harus menggali tanah. Awalnya saya ragu apa memang bisa menyembuhkan gatal-gatal di jemari kaki saya. Akhirnya saya coba. Caranya: 
  1.  Ambil rebung muda
  2.  Kupas kulit dengan hati-hati karena ada bulu (lugut bahasa jawanya) yang   gatal bila terkena tangan
  3.  Parutlah rebung yang sudah dikupas kulitnya 
  4.  Balurkan pada jemari kaki yang gatal. 
  5.  Diamkan sampai mengering sendiri. 
Air pada parutan inilah yang ampuh mengobati gatal-gatal pada jemari kaki. Semoga bermanfaat.

7 komentar:

  1. Baru tau deeh, biasanya rebung disayur..makasiih...

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Dicoba kalau memang gatalnya dengan gejala yang sama aja ya..

      Hapus