Sabtu, 13 April 2013

SARAPAN BUAH




Kalo selama ini mak-mak IIDN sering migren, asam lambung naik, sembelit, bahkan habis sarapan pun suka lemes? Coba deh cek lagi pola makannya. Makanan yang kita makan tidak  cukup hanya bergizi lho! Percuma bergizi tinggi tapi kalau tidak tercerna dengan baik. Akhirnya jadi sampah metabolisme. PH tubuh akan menjadi asam. Untuk yang ringan-ringan sih biasanya tubuh ngasih sinyal, asam lambung naik, migren, sariawan, atau sering banget terkena flu. Kalau sudah terakumulasi, datang deh yang namanya penyakit degenerative. Daripada mengandalkan obat atau produk buatan pabrik, mending kita jaga asupan kita dengan apa yang sudah Tuhan beri.
Saya mau share tentang pola makan saya selama 10 tahun terakhir. Food Combining. Ini pola makan sehat ya! Bukan diet langsing-langsingan. Karena tubuh sehat akan mencari berat idealnya sendiri. Pola makan yang menitik beratkan pada kombinasi makanan yang serasi bagi tubuh kita. Gak usah ribet mikir berapa kalori yang masuk. Gak ribet ngapalin daftar makanan apa yang sesuai dengan golongan darah. Gak usah ribet nyari makanan yang aneh-aneh. Apalagi nyari makanan yang di_klaim “sehat” sama produsennya. Cukup dengan menu sehari-haripun kita bisa sehat kok! Kita masih bisa makan sehari 3x. dengan kenyang pula! (eh, kenapa berasa agen MLM ya?hihihi).  dari pola makan ini selain sehat, saya dapat bonus banyak banget. Bobot berkurang 14kg! eits, tapi jangan bayangin saya sekarang badannya tinggi langsing kaya model. Masih ndut juga sih. (sembunyiin timbangan). Tapi, sehat bukan hanya sekedar langsing kan? Yang langsing akhirnya kena asam urat juga banyak. Yang langsing tapi kadar kolesterolnya tinggi juga banyak.  (ini kalimat penghiburan.karena gak langsing-langsing). yuk cekidot mulai dari sarapan dulu ya.. untuk juklak-juklak berikutnya, menyusul. Biasanya sih, yang sering jadi pertanyaan adalah pola makan saya saat sarapan.
Saya mengawali hari saya dengan jeniper (jeruk nipis peras) + air hangat ..Fungsinya adalah sebagai tonik bagi liver,yang semaleman sudah bekerja keras untuk membuang racun dalam tubuh.kalo maag gimana?pencernaan sensitif?ehm..dulu saya penderita maag kronis,minum ini gak papa kok.banyak yang sudah membuktikan.tapi,kalo berhubungan dengan psikomatis...ya beda lagi. bagi pemula,boleh ditambah sedikit madu.NO SUGAR ya!jeruk/lemon memang asam rasanya,tapi dia sebenarnya bersifat basa dalam tubuh. Tapi, kalau masih takut, mending gak usah. Soalnya  kalau sudah tersugesti biasanya sih jadi perih beneran (psikomatis).
Nah, setelah ritual jeniper beres, saya biasanya langsung sarapan buah. sebagian besar pertanyaan yang saya terima adalah ,''Gak lapar lagi?'' atau ''Perutnya gak sakit?'' atau ''Apa gak lemes?''
Saya jawab,''ENGGAK''..
Kenapa buah??
Berdasarkan buku yg saya baca (andang gunawan,wied harry,dan erikar lebang). Saat sarapan,didalam tubuh sedang berlangsung proses pembuangan sisa2 metabolisme..buah menyediakan energi siap pakai berupa gula buah (fruktusa) yang dapat dicerna dan dapat diserap tubuh secara efisien,tanpa menguras energi metabolisme. Tubuh bisa bekerja dengan baik membuang sisa2 metabolisme yg tidak terpakai tanpa harus terbebani mencerna makanan2 berat yang susah dicerna.detox ringanpun bisa berjalan dengan baik.
Ketika kita membebani tubuh dengan makanan yang susah dicerna saat sarapan,yang ada adalah,tubuh tidak bisa menyerap itu dengan baik dan berakhir menjadi sampah metabolisme!
LAPAR????
makan buah cepat lapar??jelaaas!!karena buah mudah dicerna dan segera meninggalkan lambung.jd lambung kosong lagi kan??Nah,disini biasanya banyak yang salah kaprah...Sarapan buah,diartikan hanya makan buah sekali saja (misal jam 7).sama halnya ketika kita sarapan dgn menu lainnya. Padahal maksudnya,selama tubuh masih dalam siklus pembuangan (jam 4-12 siang),saat kita lapar,ya kita makan buah lagi..Ketika saya mengubah pola makan,setiap 1 jam,pasti makan buah. Saat itu masih kuliah dan kos pula!. saya bawa bekal buah ke kampus.untuk dimakan ketika saya lapar! Kalo gak sempat bawa bekal, ya saya mengandalkan tukang rujak buah yang ada di kampus. Beli rujak buah skip bumbunya dong!
Buah yang baik untuk sarapan, buah yang matang pohon dan berair. Semua buah bisa untuk sarapan, kecuali durian, nangka, dan cempedak (kandungan alkoholnya tinggi.bisa ganggu system cerna). Gak harus buah impor! Mahaaal. Pakai buah lokal aja. Lebih sehat. Masa panennya lebih jelas. Yang utama sih, local lebih hemat.hahaha. bayangin aja kalo pas lagi musim rambutan, mangga,manggis, wiiih…murah banget kan?
Saat awal kita mengubah pola makan,tubuh pasti akan menyesuaikan. Saya dan beberapa teman bercerita mereka mudah banget lapar, sedikit pusing, atau meriang. Selama dilakukan dengan benar dan sesuai juklak, reaksi tubuh seperti itu wajar. Apalagi selama ini pola makan saya kacau balau.tapi,selama kita teguh untuk terus menjalani pola hidup sehat,ya gak masalah. lama kelamaan  tubuh akan terbiasa dan kita akan nyaman dengan kondisi tubuh kita sendiri..selama sarapan buah,maag saya gak pernah kambuh lagi kok.migren juga jarang banget berkunjung. Apalagi sariawan. Sudah lupa tuh rasanya!! Kalau lagi pancaroba, dan semua kena flu, saya sehat-sehat aja. Kalaupun ada gejala flu, tetap makan sehat dan istirahat cukup. Gak jadi flu deh. Oh ya, gak gampang ngantuk juga...hahaha.  saat sudah jadi ibu rumah tangga kaya sekarang, yang jelas adalah sarapan buah gak bikin ribet. Hahaha. Tinggal cuci bersih atau kupas, langsung hap. Ada yang mau coba???hehehe
Itulah sekelumit share saya soal sarapan buah. Untuk juklak-juklak yang lain, kombinasi makan siang dan malam, nyusul ya mak. Tengkyu. Semoga bermanfaat. Salam sehat!

6 komentar:

  1. wah keren... perlu ditiru nech? kebetulan saya dan suami juga sudah punya kebiasaan mengawali hari dengan jeniper . ilmunya juga saya dapatkan waktu seminar food combaining dengan pak wied harry di jogya 2 tahun lalu. memang berkhasiat banget ... walaupun saya punya maag ternyata tidak masalah kok. bahkan sebelum kenal jeniper, (maaf) BAB saya tidak lancar bisa 3 hari sekali, tapi setelah minum jeniper alhamdulillah bisa rutin tiap pagi..
    tapi sayang kami belum mengaplikasikan food combaining secara menyeluruh. mudah2 bisa meniru mbak mirma yach..
    saya tunggu tulisan berikutnya ya mbak...
    makasih..

    BalasHapus
  2. Baru baca bukunya erik lebang en baru mau coba lemon anget hihihi..anak2 sudah mulai dibiasakan buah jg nih, mg disiplin kayak mba mirmaa, tengkyuuu...

    BalasHapus
  3. Kalau saya belum bisa terapkan fc....tapi tiap pagi sudah 3 bulan ini saya terapkan minum perasan jeruk lemon + air hangat dilanjut dengan sarapan buah. Betul banget sakit maag saya berangsur membaik.

    BalasHapus
  4. dicoba ntar ah biar BAB saya lancar :D terima kasih tipsnya ya mbak :D

    BalasHapus
  5. sangat bermanfaat niii artikelnya, semoga berkah ya :)

    BalasHapus