Minggu, 16 Maret 2014

IIDN Semarang: Belajar Menulis, Belajar Tampil

Kalau dihadapkan pertanyaan, "Apa yang menjadi motivasimu bergabung dengan IIDN Semarang." Sebagian besar tentu akan menjawab untuk belajar nulis, namanya juga ibu-ibu doyan nulis, masak iya belajar njahit, ya meskipun banyak juga sih ibu-ibu di sini yang pinter njahit. Tapi kalo saya, selain belajar nulis, IIDN Semarang membuat saya belajar tampil. Kepercayaan diri saya semakin diasah, selain PD nulis, saya jadi lebih PD tampil di muka umum, malah ketagihan. Ngga heran dah kalo ada yang bilang IIDN selain doyan nulis juga singkatan dari ibu-ibu doyan narsis hehe..

Semenjak gabung di IIDN Semarang saya sudah beberapa kali diajak untuk tampil. Pernah di TV lokal, radio, juga surat kabar (dokumentasi bisa dilihat di sini). Yang terbaru kemarin tanggal 8 Maret 2014. Bersama mbak Hidayah Sulistyowati, saya mempresentasikan IIDN Semarang di acara Telkomsel Community.

Kami diberi waktu sekitar 10 menit. Ada MC yang bertanya tentang IIDN Semarang dan kami menjelaskan. Blog IIDN juga ditampilkan di sana lho. Untung blognya rajin diisi dan tampilannya cantik ya.. hahaha ayo.. ayooo pada rajin kirim tulisan ke blog IIDN yuuuk.



foto nyomot dari @TSelSMG
Sengaja saya bawa Thifa ke atas panggung. Pertama emang dia kan hobinya nginthil mbokne, yang kedua ya biar skalian nunjukin, beginilah ibu-ibu. Jangan kaget, kalo ngundang ibu-ibu satu orang yang datang empat orang haha. Bahkan kalo kopdar udah kayak posyandu ajee hihi. Intinya sih saya mau nunjukin kalo ibu-ibu meskipun rempong tapi tetep bisa berkarya. Dan menulis adalah salah satu kegiatan yang paling fleksibel bagi ibu-ibu. Coba kalo saya ikutan komunitas Air Soft Gun (misalnyaaa), ngga mungkin kan latihan sambil bawa bocah hehehe.

Si MC sempat bertanya, "Ibu-ibu kan yang diurusin dan dipikirin banyak juga ya. Misalnya nih pas jatah uang bulanan udah habis gitu, pasti kan mood jadi jelek ya, gimana mau nulis?" Kira-kira macam begitulah pertanyaannya. Sambil klak-klik blog IIDN di atas panggung saya jawab, "Oh kalo kita sih ngga punya duit malah jadi semakin terpacu untuk nulis mas." Haha, kadang-kadang kita emang butuh pressure kan.. semacam the power of kepepet lah. Jadi kalo pas ada energi negatif yang datang, jadikan itu pemicu untuk melakukan hal yang positif yak #BicaraSamaDiriSendiri.

10 menit diatas panggung ngga berasa. Bagaikan sambil menyelam minum air, gabung di IIDN Semarang seperti yang saya bilang tadi, selain belajar nulis kita juga belajar tampil. Bagi ibu-ibu anggota IIDN Semarang yang lain kalo ada kesempatan tampil jangan disia-siakan, biasanya pengurus terbuka kok mempersilahkan siapa aja yang mau. Apalagi kalo diperbolehkan rame-rame ya sama yang ngundang, semua anggota yuk ikutan hehe. Bagi perempuan (ngga harus sudah jadi ibu) yang suka nulis dan kepengen bergabung bersama kami, silahkan mendaftar lewat grup FB terlebih dahulu.

ditulis oleh:
Rahmi Aziza, ibu dari dua orang puteri, penulis dan blogger

8 komentar:

  1. Hahaha, Thifa kan artisnya :-)

    BalasHapus
  2. Ho'oh....abis Thifa kan imuutz ;D

    Rahmi yg banyak jelasin, lah aku kan kurang pinter bicara. Tapi yg penting berani tampil ;)
    Eh ini kali kedua kita tampil bareng ya Rahmi, yg pertama di radio barengan Oktha.

    BalasHapus
  3. Huaa...bangga deh sama Rahmi dan Mbak Wati, sama Thifa juga...jadi terharu nih bacanya *emak cengeng...mari berkarya bersama IIDN Semarang ya girls *halah, girls hihi

    BalasHapus
  4. iyaa...betul banget kata Rahmi, siapa saja di IIDN Semarang harus berani tampil, sambil belajar untuk berbicara depan umum biar makin luwes..kalau ada kesempatan lagi, kudu pada ngacung yaaa :)

    BalasHapus
  5. setujuu banget tulisan Rahmi..ayo kalau ada kesempatan tampil lagi, kudu pada rebutan ngacung yaa :)

    BalasHapus
  6. Baru di IIDN, saya bertemu emak-emak yang hebat.. hehehe

    BalasHapus
  7. betul mbak... jam terbang itu sangat berpengaruh... maka dari itu perlu dicicil.. agar suatu saat pas dibutuhkan.. siap :D

    BalasHapus