Minggu, 08 September 2013

[PROFIL] Lia Herliana



Lia Herliana

Sewaktu pertama kali bikin akun facebook dan blog, saya menggambarkan diri sebagai “another ordinary mom who’s trying to be extraordinary”. Tapi, sampai sekarang belum tercapai, hehehe.

Nama saya, Lia Herliana, nama yang sangat Sunda, dan ternyata sungguh banyak kembarannya. Bunda dri tiga orang anak: gadis remaja yang baru masuk SMP, lelaki kecil kelas 4 SD, dan little explorer boy- TK kecil.

Asli, saya ibu rumah tangga. Pertama kali belajar menulis, ketika nekat meniru seleb-seleb dunia literasi yang sering men-share note di facebook. Saya iri, kepingin jadi penulis juga, hehehe. Lalu, mulailah saya mengabadikan keseharian di catatan FB. Kemudian, lanjut ikutan audisi-audisi antologi yang sedang marak-maraknya saat itu. Dua-tiga, tumbang, satu per satu bermunculan, alhamdulillah.

Saat ini, passion saya di bacaan anak. Beberapa cerpen anak saya, dimuat di harian Jateng. Saya juga sok pintar bahasa Jawa, jadi pernah beberapa kali cerita anak berbahasa Jawa saya dimuat di majalah bahasa Jawa, hehehe.

Buat saya, menulis adalah cita-cita. Karena, benar-benar harus diupayakan dan diusahakan. Sebagai ibu tanpa asisten, saya melakukan semuanya sendiri. Jadi capek, stress, dan malas, beradu setiap hari. Jadi kalau saya sampai bisa nulis hari itu, wow, mewah sekali *lebay yaa :D

So, sampai sekarang, saya terus berproses dalam dunia menulis. Semoga saja, tetap istiqomah dan semangat, aamiin.

BIODATA
Nama Lengkap            : Lia Herliana
Tempat/Tgl Lahir        : Jakarta, 7 April 1977
Pekerjaan                     : Ibu rumah tangga, penulis lepas
Pendidikan Terakhir    : S 1 Jurusan Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Diponegoro, Semarang
Alamat Email              : lia.kuntarto@gmail.com
Alamat Blog                : http://liaherliana.blogspot.com/

Buku Solo yang Sudah Terbit:
Seri Pictorial Book “Akhlak Anak Muslim” (6 judul), di Tiga Serangkai. Insya Allah, menyusul kumpulan pictbook di penerbit BIP (hampir rampung ilustrasinya, mohon doanya yaa :D )

Buku-buku Antologi :
·         Setan 911, Leutika Publisher, 2010
·         Wujudkan Mimpimu, LeutikaPrio, 2011
·         Selaksa Makna Ramadhan, LeutikaPrio, 2011
·         Girl’s Power, IndiePublishing, 2011
·          Storycake for Ramadhan, GPU, 2011
·         Storycake for Amazing Moms, GPU, 2011
·         For The Love of Mom, Imania, 2011
·         Emak Gokil, Rumah Ide, 2011
·         Let’s Enjoy The School, Gurita/Imprint Zikrul Hakim, 2011
·         Happy  Mom, Elexmedia, 2012
·         Diary Bunda: Ketika Buah Hati Sakit, 2012
·         A Sweet Candy for Teens, Elexmedia, 2012
·         Rumahku Rumahmu Juga, Sayang, Azzahra, 2012
·         50 Cerita Binatang dan Tokoh Lain yang Inspiratif, GPU, 2012
·         Merajut Cinta Lansia, Zikrul Hakim, 2012

 Pernah Menjadi        :
·         Pemenang Tulisan Terfavorit Lomba Blog “Women Fiesta” Kompasiana, 2012
·         Pemenang Hiburan Lomba Moms Go Blogging majalah Ayahbunda, 2010
·         Pemenang Audisi Emak Jalanan, Rumah Dunia, 2011
·         Pemenang Pertama Lomba Nulis Grup Ibu-ibu Doyan Nulis Wil. Semarang, 2011
·         Pemenang Pertama Lomba Cerita Lebaran Page Wintermelon, 2011
·         Pemenang Pertama Festival Cerita Rakyat Grup IIDN, 2012
·         Pemenang Top Three Festival Dongeng Eropa Grup IIDN, 2012

Karya di Media         :
·         Cerpen dan artikel di majalah kepenulisan SmiLe E-Magazine, 2011
·         Rubrik Gado-gado majalah Femina, Oktober 2011 dan Juni 2012
·         Artikel di rubrik Kata Hati majalah Sekar, 2012
·         Cerita-cerita anak dan remaja berbahasa Jawa di majalah Jaya Baya, sepanjang 2012
·         Cerita anak dan dongeng di majalah anak SoCa, Desember 2012
·         Cerita anak di harian Suara Merdeka, Agustus 2012, April, Juli, dan Agustus 2013
·         Cerpen di majalah Ummi, Oktober 2012
·         Cerpen di majalah Kartini, Januari 2013

1 komentar: