Kamis, 26 Juni 2014

Kopdar Seru dengan Kru Penerbit Kaki Langit Kencana

Dear Temans,

Alhamdulillah, hari Kamis (19/06), IIDN Semarang berkesempatan bertemu kru Penerbit Kaki Langit Kencana, Grup Penerbitan Prenada. Awalnya, Mbak Iffah Hannah, editor cantik Penerbit yang berpusat di Jakarta ini menghubungi BBM dakuw. Kenalan, hehe. Ia dan kru Kaki Langit sedang road show Jateng antara lain ke Kendal, Semarang, Salatiga dan Magelang, untuk bertemu dan bersilaturahim dengan para penulis Kaki Langit Kencana. 

Tak disangka, Mbak Iffa mengajak IIDN Semarang untuk kopdar. Yeaay!
Tahu kan, member IIDN Semarang tuh hobinya apa selain nulis? Yak, kopdar! Hihi. Apalagi jika kopdarnya dengan penerbit. Lebih excited lagi dong. Pengen tahu gimana sih Kaki Langit? Siapa tahu bisa kolaborasi atau kirim-kirim naskah? :)

Jadilah, kami janjian di Lombok Ijo, Banyumanik.
Mbak Iffah dan rombongan ada acara di sekitar Banyumanik, bertemu penulis. Kami sepakati pukul 11.00, untunglah Mbak Iffah oke. Sebelumnya agak ragu karena mereka akan berangkat ke Gunung Pati bersilaturahim dengan Abah Luthfi, yang juga menulis untuk Kaki Langit.


Alhamdulillah, satu-persatu emak-embak IIDN bisa datang. Bahkan Mbak Dian Nafi, dari Demak menyempatkan diri untuk ikut kopdar. Lestari aka Taro, jam makan siang kabur dari kantor hehe. Hadir juga Norma Keisya, Wuri Nugraeni dan Aan Diha with Shofie. Thank you, dear!

Kru Kaki Langit Kencana selain Mbak Iffah, ada Mbak Husnul, editor buku-buku teks Perguruan Tinggi, Hadir pula Pak Misko Bariandi Kepala Perwakilan Jateng dan dari Perwakilan Semarang ada Mas Ali.

Aiih, jadi malu datang telat. 
Sambil menyantap makan siang, Mbak Iffah yang ramah menjelaskan tentang penerbitannya. 
Grup Prenada Media terdiri dari lima divisi antara lain: Divisi Kencana, Divisi Siraja, Divisi Prenada, Divisi Litera dan satu lagi, Divisi Kaki Langit.

Setiap divisi menerbitkan buku-buku dengan tema dan taget pembaca berbeda. Ada buku-buku untuk kebutuhan perguruan tinggi, ada buku parenting dan kesehatan, buku how to. Kaki Langit Kencana dimana Mbak Iffah menjadi editornya, khusus menerbitkan novel dan buku-buku populer lainnya. Oh iya, mereka tidak menerima antologi ya, teman-teman.

Saat itu, Mbak Iffah membawa novel Gunung Makrifat: Memoar Pencari Tuhan karya Tri Wibowo B.S. Kami langsung keder, karena bukunya nyastra, hehe. Langsung deh kami sodorkan sastrawati IIDN Semarang, Mbak Dian Nafi untuk mengirimkan naskah novelnya ke Kaki Langi hihi.

Tapi, setelah ngobrol-ngobrol lagi dengan Mbak Iffah, dan browsing web www.prenadamedia.com, ternyata banyak lho novel terbitan Kaki Langit Kencana yang genrenya pop, semacam ciklit dan tinlit. Nggak melulu sastra. Walaupun novel serius tetap mendominasi. 

Pengarang yang menerbitkan disana pun nggak kalah wow: Gerson Poyk (Sang Sutradara dan Wartawati Burung), Cok Sawitri (Sutasoma), Ambhita Dhyaningrum my friend *halah (Cinta Dalam Belanga), Daniel Mahendra (Epitaph) hingga Zev Zanzad yang berduet menulis Elle Eleanor, dua teman zaman Multiply dakuw hehe. Buku ini happening banget lho.

Gimana buku-buku ngepopnya?
Ada Marshmallow: Sebuah Komedi Pernikahan dari Candra Aditya. Seru lho buku ini. Ada Yennie Hardiwidjaja menulis novel Cowo atau Cewek sih Loe.

Jadi berseri-seri deh IIDners. Berarti ada peluang hehe.
Mbak Iffah menceritakan mereka roadshow ke beberapa kota ini dalam rangka silaturahim dengan penulis, berkunjung ke rumah mereka secara langsung, itu tradisi Grup Prenada. Wah, keren ya. Kekeluargaan banget. 

Selain novel remaja dan dewasa, Kaki Langit Kencana juga menerbitkan novel anak yang mengangkat tema perbedaan, multi kultural. Mengenalkan ke anak-anak kita itu banyak perbedaan tapi bisa tetap rukun, kompak. Wow seru ya. Anak-anak butuh banget nih bacaan seperti ni. Biar nggak gontok-gontokan gara-gara berbeda pendapat kayak bapak-bapaknya hehe. Naskah anak bisa ditulis solo ataupun duet. Jumlah halamannya tidak terlalu tebal. Sekitar 80 halaman. Langsung deh lirik-lirikan senang, pengen coba kirim. Hayo, ngaku deh, emak-embaak?

Satu kabar gembira lagi, Waktu review naskah yang masuk ke Kaki Langit diusahakan cepat mendapat jawaban. Sekitar 4-6 minggu. Gyaa! So, tunggu apalagi? Monggo, kirim naskah secepatnya ke Kaki Langit Kencana.  Ingin tahu lebih banyak? Klik www.prenadamedia.com yaa.

Alhamdulillah, kopdar yang singkat namun penuh makna. Terima kasih Mbak Iffah, Pak Misko, Mbak Husnul, dan Mas Ali atas kesediaannya meluangkan waktu bersilaturahim dengan IIDN Semarang. Semoga kerjasama kita bisa terjalin ya, aamiin. Semoga Kaki Langit Kencana makin sukses di pasar perbukuan Indonesia. 

Berikut info naskah yang dibutuhkan dan cara mengirimkan naskah ke Kaki Langit Kencana yang diposting Mbak Iffah di grup IIDN Semarang.

Salam kenal semua,
Perkenalkan, saya Ifah, editor penerbit Kaki Langit Kencana, Prenada Media Group Jakarta.
Senang sekali bisa bergabung di grup ini.
Bagi teman-teman yang sudah menulis naskah novel, bisa juga dikirim dan diajukan ke penerbit kami loh...

Kriteria naskah secara umum:

1. Naskah harus karya asli (bukan plagiat) dan belum pernah dipublikasikan penerbit lain.
2. Memiliki cerita yang unik dan menarik.
3. Naskah ditulis dengan logis dan sistematis.
4. Memiliki peluang pasar yang bagus.


Prosedur Pengajuan Naskah:

1. Menyertakan naskah lengkap atau sampel naskah sekaligus sinopsisnya
2. Menyertakan CV dengan alamat lengkap serta nomor telepon yang dapat dihubungi
3. Jangka waktu evaluasi naskah kurang lebih 4-6 minggu. Jika naskah layak terbit, penulis akan diberitahu melalui email atau telepon dan dilanjutkan dengan pembuatan surat perjanjian atau kontrak. Jika naskah ditolak, penulis juga akan diberitahu melalui email.
4. Naskah lengkap dan persyaratan lainnya dikirim ke khanifah@prenadamedia.com atau ke: khanifah.prenada@gmail.com

Sekiranya ada pertanyaan, bisa menghubungi email di atas. Terima kasih ya :)





Penulis: Dewi Dedew Rieka, Korwil IIDN Semarang, 
Photo Courtesy of Lestari


4 komentar: